REFORMASI TOTAL KOPERASI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

foto kegiatan

Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Selatan mengadakan Pelatihan Pemanfaatan dan Pengelolaan Sabut Kelapa bagi masyarakat di Desa Teluk Payo Kecamatan Banyuasin II Kabupaten Banyuasin di Asrama

Kegiatan pelatihan pemanfaatan dan pengolahan sabut kelapa yang diselenggarakan oleh UPTD Balatkop dan UKM Prov Sumsel ini dilaksanakan dari tanggal 11 – 13 April 2019 dan diikuti 40 warga Banyuasin. Acara ini dibuka oleh  Wakil Gubernur Provinsi Sumsel Bapak H. Mawardi Yahya.   

Kegiatan ini didasari oleh banyaknya sabut kelapa yang ada di Kabupaten Banyuasin yang belum termanfaatkan, menumpuk dan hanya terbuang saja. Pelatihan ini mendatangkan trainer dari UKM Jaya Abadi Kebumem Jawa Tengah.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumsel  Dra. Hj. Musiawati, MM. mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat dalam memanfaatkan dan mengolah  sabuk kelapa menjadi produk yang bernilai ekonomis menjadi aneka kerajian, keset, sapu, dan lain-lain sebagainya. Selain itu juga untuk memberikan peluang usaha berbasis potensi daerah guna meningkatkan pendapatan dan penyerapan tenaga kerja sekaligus mengurangi angka kemiskinan sesuai dengan visi Gubernur - Wagub, Sumsel Maju Semua.